Pembelajaran Daring Berdasarkan SE Sesjen Kemendikbud 15/2020
A. Tujuan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama darurat COVID-19 bertujuan untuk:
1. memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19
2. melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk COVID-19;
3. mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di satuan pendidikan; dan
4. memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua/wali.
B. Prinsip Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
BDR dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID 19), yaitu:
1. keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala satuan pendidikan dan seluruh warga satuan pendidikan menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan BDR;
2. kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum;
3. BDR dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi COVID-19;
4. materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan peserta didik.
5. aktivitas dan penugasan selama BDR dapat bervariasi antar daerah, satuan pendidikan dan Peserta Didik sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses terhadap fasilitas BDR;
6. hasil belajar peserta didik selama BDR diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif; da
7. mengedepankan pola interaksi dan komunikasi yang positif antara guru dengan orang tua/wali.
C. Metode dan Media Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
BDR dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dibagi ke dalam 2 (dua) pendekatan:
1. pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring)
2. pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring)
Dalam
pelaksanaan PJJ, satuan pendidikan dapat memilih pendekatan (daring atau luring
atau kombinasi keduanya) sesuai dengan ketersediaan dan kesiapan sarana dan
prasarana.
1. Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Jarak Jauh Daring Pembelajaran di rumah secara daring dapat menggunakan gawai (gadget) maupun laptop melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring, diantaranya:
a. Informasi terkait COVID-19
|
NO. |
|
|
SUMBER
INFORMASI |
|
TAUTAN |
|||
|
|
|
|
|
|
||||
|
1. |
|
Informasi penanganan COVID-19 |
||||||
|
|
|
oleh |
Gugus |
Tugas |
Percepatan |
|
||
|
|
|
Penanganan COVID-19 |
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
Portal |
|
informasi |
pendidikan |
|||
|
|
|
Kemendikbud selama COVID-19 |
|
|||||
|
|
|
|
|
|
||||
|
b. Media Pembelajaran Daring |
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||
|
NO. |
|
SUMBER DAN MEDIA |
|
TAUTAN |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
1. |
Rumah |
|
Belajar |
oleh |
Pusdatin |
|||
|
|
Kemendikbud. |
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
||||||
|
2. |
TV
edukasi Kemendikbud. |
|||||||
|
|
|
|
|
|
||||
|
3. |
Pembelajaran |
Digital |
oleh |
|||||
|
|
Pusdatin |
dan |
SEAMOLEC. |
|
|
|||
|
|
Kemendikbud. |
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
||||||
|
4. |
Tatap
muka daring program sapa |
|||||||
|
|
duta rumah belajar |
|
|
|
||||
|
|
Pusdatin Kemendikbud. |
|
|
|
||||
|
|
|
|
||||||
|
5. |
LMS SIAJAR
oleh SEAMOLEC, |
|||||||
|
|
Kemendikbud. |
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
||||||
|
6. |
Aplikasi
daring untuk paket A,B,C. |
|||||||
|
|
|
|
|
|
||||
|
7. |
Guru
berbagi |
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||||
|
8. |
Membaca
digital |
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|||||
|
9. |
Video
pembelajaran |
|
||||||
|
|
|
|
||||||
|
10. |
Suara
edukasi Kemendikbud |
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||||||
|
11. |
Radio
edukasi Kemendikbud |
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO. |
SUMBER DAN MEDIA |
TAUTAN |
||
|
|
|
|
|
12. |
Sahabat keluarga |
-- Sumber |
https://sahabatkeluarga.kemdik |
|
|
Informasi |
dan |
bahanajar |
bud.go.id/laman/ |
|
pengasuhan |
dan |
pendidikan |
|
|
keluarga |
|
|
|
|
|
|
||
13. |
Ruang
guru PAUD Kemendikbud |
http://anggunpaud.kemdikbud. |
||
|
|
|
|
go.id/ |
|
|
|
||
14. |
Buku
sekolah elektronik |
|||
|
|
|
|
|
15. |
Mobile
edukasi - |
|
||
|
Bahan ajar multimedia |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
16. |
Modul
Pendidikan Kesetaraan |
|||
|
|
|
||
17. |
Sumber bahan
ajar siswa SD, |
https://sumberbelajar.seamolec. |
||
|
SMP, SMA, dan SMK. |
org/ |
||
|
|
|
||
18. |
Kursus daring
untuk Guru dari |
|||
|
SEAMOLEC. |
|
|
|
|
|
|
||
19. |
Kelas daring
untuk siswa dan |
http://elearning.seamolec.org/ |
||
|
Mahasiswa |
|
|
|
|
|
|
||
20. |
Repositori
Institusi Kemendikbud |
http://repositori.kemdikbud.go.id |
||
|
|
|
||
21. |
Jurnal
daring Kemendikbud |
https://perpustakaan.kemdikbud |
||
|
|
|
|
.go.id/jurnal-kemendikbud |
|
|
|
||
22. |
Buku
digital open-access |
http://pustaka- |
||
|
|
|
|
digital.kemdikbud.go.id |
|
|
|
||
23. |
EPERPUSDIKBUD
(Google Play) |
http://bit.ly/eperpusdikbud |
||
|
|
|
|
|
Selain
yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), terdapat
juga sumber dan media pembelajaran yang dikelola oleh mitra penyedia teknologi
pembelajaran yang dapat dilihat
daftarnya pada laman https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/category/aplikasi-pembelajaran/
2. Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Luring Pembelajaran di rumah secara luring dalam masa BDR dapat dilaksanakan melalui:
a. televisi, contohnya Program Belajar dari Rumah melalui TVRI;
b. radio;
c. modul belajar mandiri dan lembar kerja;
d. bahan ajar cetak; dan
e.
alat
peraga dan media belajar dari benda dan lingkungan sekitar.
Tidak ada komentar